Thursday, February 2, 2017

Dua Alat Tenun, Cetak Siswa SLB Jimbaran Berdikari


DENPASAR - Sekolah Luar Biasa (SLB) 1 Jimbaran Badung melakukan berbagai upaya supaya anak didiknya mendapat hal terbaik untuk masa depannya kelak.
Hal itu dilakukan dengan berbagai cara, mulai pendidikan hingga keahlian tertentu, sebagai pesangon di masa depannya kelak. Itu juga yang dilakukan pada Kamis (2/2/2017) sore ini.
Siswa-siswi SLB Jimbaran mendapat dua alat tenun baru yang menjadi  alat untuk mengasah keahlian mereka.
Tujuannya sederhana, sebagai modal atau pesangon supaya tidak bergantung ke pekerjaan konvensional.
Singkatnya, siswa siswi bisa berdikari (berdiri di kaki sendiri).
Kepala Sekolah SLB Jimbaran, Ni Made Murdani‎ menyatakan bahwa pemberian alat tenun‎ dari pihak Jimbaran Hijau dapat menjadi modal anak-anak untuk semangat dalam mengenyam pelajaran.
Ada hal baru yang mereka dapat. Dan paling tidak, dengan hal ini ialah mengembangkan potensi kemandirian kepada anak didiknya itu.
"Tentu saja ‎anak ingin menyoba dan dan mudah-mudahan akan ada banyak siswa-siswi di musim-musim yang lain tetap bersemangat dalam pelajaran menenun ini," ucapnya.
Ia mengaku, nantinya anak-anak seusai mendapat ini, tidak akan lagi bergantung pada pekerjaan bagaimana masyarakat menaruh nasih pada sebuah perusahaan.
Mereka (anak didik) bisa membuat home industri atau yang lainnya, dengan keahlian menenun.
"Dengan skill punya pengembangan ini, maka keluar nanti ada pegangan yang bisa dijadikan pegangan," ungkapnya.
Saat ini, sudah ada dua pengajar dan dua murid yang sudah mahir dalam menenun. Dan nantinya, akan berimbas atau mengajar ke sekitar 292 siswa.
Dan itu bagi siswa yang berkehendak saja. Dan sementara waktu, tenun yang akan digarap siswa ialah tenun dengan ciri khas kabupaten Badung.
"Paling tidak kami akan kembangkan terus potensi siswa dan berharap banyak peminatnya," ujarnya.
Sementara itu, Dirut Jimbaran Baru Putu Agung Prianta menyatakan, bahwa endek adalah kekayaan budaya Bali yang patut dilestarikan sehingga endek Bali dengan corak atau khasBadung patut dilestarikan.
Ketepatan sekali, dua alat ini diminati oleh pihak SLB. Sehingga, pihaknya pun memberikan itu sebagai cara untuk melestarikan budaya.
"Ya intinya Jimbaran pernah punya tenun dan endek merupakan budaya Bali. Jadi ini sebagai upaya melestarikan budaya Bali," paparnya

No comments:

Post a Comment